Saturday 30 August 2014

Berenang, Manfaatnya Lebih Bagus Dari Main Basket Loh Sist...



Sista, berenang memang menyenangkan, apalagi bila dilakukan di sore hari saat matahari hendak tenggelam pasti seger deh. Bila anda senang berenang pasti anda merasakan bahwa seluruh tubuh anda digerakkan agar bisa terapung di atas air bukan? nah.... itulah kelebihan dari berenang, saat berenang, semua bagian tubuh aktif bergerak.

Saat berenang, otak kita rileks untuk sejenak dan melupakan persoalan yang kita hadapi di luar sana. Dengan otak yang rileks, produktivitas kita akan melonjak sedemikian rupa dan itulah yang kita inginkan saat kita selesai berenang. 

Saat berenang, meskipun di dalam air, gerakan yang kita lakukan tetap bisa membakar kalori dan lemak tubuh. Jadi selain menyegarkan, lemak tubuh pun tetap akan hilang sebagian, jadinya, badan pun lebih sehat dari sebelumnya. Gerakan berenang yang begitu terkoordinasi akan meningkatkan kinerja otak sedemikian rupa, sehingga serangan-serangan penyakit yang berhubungan dengan otak akan ternetralisir dari diri anda.

Bukankah anda senang bila timbunan gula dalam tubuh yang beresiko menimbulkan diabetes bisa anda hindari? ya, betul. Dengan gerakan-gerakan yang terpola saat berenang, konsentrasi kalori dalam tubuh akan dibakar. Sehingga, saat kalori dalam tubuh berkurang jumlahnya, anda pun bisa berbangga hati karena resiko penyakit diabetes hilang dari diri anda.

Saat berenang, anda dilatih untuk bisa bernafas dan mengambil nafas dengan baik. Gerakan ini anda lakukan dengan menaikkan dan menurunkan kepala di atas air. Bila sudah terbiasa, gerakan ini akan membuat paru-paru melebar dan mengurangi gejala sakit asma. 

Terakhir, bila anda terbiasa berenang, maka massa otot anda akan bertambah dan tenaga menjadi lebih kuat. Secara menyeluruh, bila dibandingkan dengan basket dan sepak bola, manfaat berenang jauh lebih tinggi. Jadi, ayo kita berenang sist :)

No comments:

Post a Comment