Saturday, 30 August 2014

Hindari Lemak Berbahaya Dari Gorengan

Ladies, kalo anda seorang penikmat gorengan, kini anda harus mempertimbangkan untuk mengurangi konsumsi gorengan. Ini karena dalam gorengan terdapat sejumlah lemak berbahaya yang apabila dikonsumsi secara terus menerus akan memberi dampak serius terhadap kesehatan. Gorengan mengandung lemak trans yang pada awalnya dikembangkan untuk keperluan industri dan tidak diperuntukkan bagi konsumsi manusia. Tetapi kini lemak trans banyak ditemukan di dalam makanan, salah satunya pada gorengan, yang digoreng dengan menggunakan minyak yang dipakai berulang-ulang.


Kita harus membedakan lemak ke dalam dua jenis, pertama lemak yang tak jenuh dan kedua lemak jenuh. Dari kedua jenis ini, lemak jenuh adalah yang disalahkan karena memicu peningkatan kolesterol dalam darah dan bila dibiarkan bisa berujung pada timbulnya beberapa penyakit serius.

Lemak trans banyak dihasilkan dari olahan minyak sayur yang bahan baku utamanya adalah kelapa sawit. Beberapa jenis makanan yang disinyalir memiliki kandungan lemak trans yang tinggi antara lain daging dengan berbagai olahannya, keripik, mentega, kerupuk, nugget, kue kering, dan sebagainya.

Bila anda tidak memperhatikan kuantitas makanan berlemak trans yang anda makan, sedikit demi sedikit anda akan berteman dengan penyakit pembawa kematian seperti jantung. Oleh karena itu, anda sangat disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak trans dan lebih banyak menyantap buah-buahan berserat yang bagus untuk kesehatan.

Lemak memang penting dan tubuh memerlukannya, tetapi bila jumlahnya berlebihan, efeknya justru merugikan. Nah, kini setelah anda membaca artikel ini, dan mengetahui bahaya lemak trans, mulailah berusaha untuk hidup sehat dari hari ini.

No comments:

Post a Comment