Friday, 26 September 2014

Berat Badan dan Anggapan Keliru




Jika anda sedang menjalani program diet karena alibi yang diberikan orang lain, anda harus mewaspadainya karena ada beberapa hal keliru perihal diet, sekalipun anda mempercayai hal itu pada awalnya. Beberapa hal yang orang yakini tentang diet memang ada yang benar, tetapi ada juga yang tidak masuk akal.
Jikalau kita membicarakan mitos yang berlaku tentang diet, maka pikiran kita akan dihadapkan pada hal-hal seperti :

1.      Bila bertubuh gemuk, anda dipastikan kurang sehat
Banyak orang menganggap bahwa seseorang yang gemuk itu pasti sakit-sakitan, atau diginggapi banyak masalah. Sebelum anda mempercayai mitos ini, anda harus melakukan dulu klarifikasi lapangan pada mereka yang bertubuh gemuk. Anda harus mengetahui seperti apa gaya hidup, pola makan, dan kegiatan sehari-hari seorang individu bertubuh gemuk. Setelah anda mendapat apa yang anda ingin tahu, baru anda bisa membenarkan mitos ini benar atau keliru.

2.      Metabolisme tubuh lebih sempurna dengan makanan pedas
Memang benar jika anda mengkonsumsi makanan yang pedas badan akan berkeringat, tapi ini tidak berarti metabolisme tubuh turut membaik. Ada kalanya seseorang justru mendapat efek buruk dari konsumsi makanan pedas. Jadi fakta yang benar adalah, hal ini ditentukan oleh kepribadian individu yang bersangkutan.

3.      Berat badan tidak akan naik bila kita berolahraga
Ya, betul sekali, bila kita ingin menghilangkan ekses lemak dalam tubuh, berolahraga adalah cara membakar lemak yang disarankan. Tetapi kenaikan berat badan tidak hanya disebabkan dengan tidak berolahraga, tetapi karena pola makan juga berpengaruh. Bila anda berolahraga hingga keringat mengucur tapi selanjutnya makan habis-habisan, maka semua percuma saja.

4.      Badan akan membesar dengan Olahraga angkat beban
Ini adalah anggapan keliru. Badan akan membesar jika konsumsi protein dan kalori menumpuk dalam tubuh. Justru dengan olahraga angkat beban, tubuh akan membakar lemak, dan akhirnya kulit jadi lebih kencang. Otot semakin kuat, dan tubuh terlihat lebih ideal.

5.      Lemak itu penyebab segala penyakit mengerikan
Jika anda meyakini cadangan lemak dalam tubuh itu jelek untuk kesehatan, anda boleh mempercayainya. Tapi, meskipun lemak anda benci, tubuh anda tetap saja memerlukannya. Lemak berkaitan dengan suplai energy tubuh. Lemak justru member perlindungan pada tubuh dari hal-hal yang tidak dinginkan. Jadi, sebaiknya anda merubah lemak menjadi otot ketimbang membiarkannya menggelambir seperti kulit sapi. Betul kan?

Oke, itu dia beberapa hal keliru tentang berat badan yang kami coba untuk meluruskannya bagi anda. Semoga bermanfaat dan jangan duluan bersikap sinis terhadap lemak.

No comments:

Post a Comment