Tuesday 16 September 2014

Kurangi Resiko Diabetes Dengan Menghindari Duduk Terlalu Lama





Saat bekerja di kantor kita biasa menghabiskan waktu berjam-jam duduk di kursi dan menatap monitor sampai sore. Bila ini kebiasaan anda setiap hari, maka berhati-hatilah dengan gejala diabetes yang bisa menyerang anda. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bila seseorang duduk terlalu lama, maka ia beresiko mengidap diabetes tipe 2. Para ahli menganjurkan kita untuk memberitahu orang yang punya kecendrungan duduk terlalu lama agar berdiri sebentar, untuk mencegah diabetes. Untuk mencegah diabates tipe-2, anda harus melakukan olahraga setidaknya 4 jam dalam seminggu untuk mengurangi penumpukan lemak di tubuh.

Selain dengan melakukan olahraga, anda juga bisa mencegah diabetes dengan mengurangi durasi duduk hingga 90 menit per minggu. Bila anda mempunyai kecendrungan duduk dalam waktu yang lama, maka lemak tubuh akan menumpuk dan anda bisa terkena berbagai penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Leicester oleh Joseph Henson, telah dilibatkan 153 orang dengan rentang usia dari 33 sampai 65 tahun. Dalam penelitian ini diperiksa durasi waktu duduk dari setiap peserta dan kemudian dicatat tingkat kesehatannya.  

Para peneliti mencatat bahwa dari sekian banyak orang yang duduk sangat lama memiliki kadar gula darah dan kolesterol yang tinggi, detak jantung yang lemah dan berbagai gangguan kesehatan yang menjurus pada gangguan jantung. Secara lebih jauh, Dr. Henson belum mendapat temuan yang jelas yang mampu membantunya membuat hipotesis tentang kaitan antara duduk dalam waktu yang lama dengan serangan diabetes. Dengan data yang mereka peroleh, mereka berharap untuk bisa memberi kabar baik kepada para pasien tentang apa yang mereka temukan.

Sampai sejauh ini, dunia pengobatan untuk diabetes masih belum menemukan obat khusus untuk penyembuhan. Upaya pengobatan masih dikonsentrasikan pada upaya pencegahan saja, yaitu dengan olahraga. Sebagai upaya pencegahan, memang sebaiknya anda berolahraga secara rutin, utamanya pada pagi hari agar kalori dan lemak tubuh terbakar. Dengan begitu anda akan sehat dan semoga saja berumur panjang.

No comments:

Post a Comment