Tuesday, 16 September 2014

Nyamuk, Sumber Penyakit Yang Harus Diberantas






Nyamuk adalah sumber malapetaka berbentuk kecil yang harus segera diberantas agar tidak menimbulkan dampak lebih mengerikan. Nyamuk biasa berkembang di tempat-tempat yang memiliki curah hujan tinggi, terutama di Indonesia, sebuah negara tropis dengan curah hujan merata sepanjang tahun. Di tempat-tempat lembab dengan air yang tergenang, nyamuk biasa meletakkan ratusan ribu telurnya.

Masa hidup nyamuk yang singkat membuatnya berkembang biak dengan cepat pula, akibatnya dalam waktu tertentu, jumlah nyamuk bisa meningkat tajam secara tiba-tiba. Hal ini memerlukan perhatian kita, untuk menghindari nyamuk dan memberantas tempat perkembangbiakannya agar populasi nyamuk bisa dikendalikan, atau bahkan dihilangkan. Bila ada wadah-wadah terbuka di halaman rumah anda, waspadalah, itu bisa menjadi tempat nyamuk meletakkan telur-telurnya.

Jangan biarkan ada wadah terbuka dan terisi air karena nyamuk suka dengan air yang tergenang. Nyamuk hanya perlu sedikit waktu saja untuk tumbuh menjadi nyamuk dewasa dan mengulangi fase hidup hingga menghasilkan ribuan keturunan dalam waktu satu bulan. Jadi, kuburlah dalam tanah semua wadah yang sudah tidak dipakai lagi, seperti kaleng bekas cat, wadah beras, kaleng minuman, dan sebagainya. Cara ini adalah yang termurah dan efektif. Bila anda ingin agar nyamuk bisa diberantas sampai habis, anda bisa melakukan fogging di area yang tempat nyamuk berkembang biak seperti kamar mandi, selokan, dan air yang tergenang.

Kini ada cara yang lebih modern untuk memberantas nyamuk misalnya dengan menggunakan lotion anti nyamuk, obat nyamuk bakar, dan sejenis pengharum elektik yang dicolokkan ke sumber listrik. Alat-alat yang dibuat khusus untuk memerangi nyamuk seperti raket anti nyamuk juga bisa dipakai saat anda merasa gatal digigit nyamuk. Di pegunungan, akibat gigitan nyamuk bahkan lebih berbahaya lagi, malaria dan demam berdarah adalah penyakit musiman yang biasa menyerang daerah pegunungan atau pedesaan dengan tingkat kelembaban yang tinggi.

Yang pasti anda harus menghindari gigitan nyamuk sebisa mungkin. Hindarilah tempat-tempat yang lembab atau memiliki wadah penampungan air yang bisa menjadi tempat berkembang biak bagi nyamuk.

No comments:

Post a Comment