Tuesday 16 September 2014

Vegetarian dan makanan yang doyan mereka makan




Mendengar kata vegetarian, yang muncul dalam pikiran anda pasti sekelompok orang yang makan berbagai sayuran dan buah-buahan. Anda memang benar, kaum vegetarian menu makan utamanya adalah sayuran hijau dan buah-buahan, dan istimewanya, para vegetarian sering memiliki tubuh yang langsing dan rata. Banyak sekali orang yang gemar makan sayuran bilang bahwa dengan menjadi vegetarian, mereka bisa lebih rileks dan menikmati hidup. Lebih enjoy dan mampu mengontrol emosi.

Untuk menjadi seorang vegetarian, anda harus dengan terpaksa merelakan rasa daging yang nikmat dan gurih itu. Menjadi vegetarian memang tidak semudah yang banyak orang pikirkan. Untuk menjadi vegetarian, anda tidak hanya harus berhenti atau mengurangi makan daging, anda pun harus mengubah pola makan. Berikut adalah jenis-jenis makanan yang biasa dikonsumsi oleh vegetarian, yaitu :

1.      Vegetarian identik dengan makan sayuran dan buah-buahan, anda bisa memakannya langsung saat mentah atau memasaknya terlebih dahulu, atau memasukkannya kepada resep harian yang menjadi favorit anda. Saat memasak sayuran, anda disarankan untuk memakai nyala api sedang dan janganlah terlalu lama agar sayuran tidak cepat layu dan nutrisi yang ada didalamnya masih bisa anda rasakan. Berbagai nutrisi dan serat ada dalam sayuran. Serat sangat bagus untuk pencernaan, kolesterol pun akan ikut terbawa. Dengan banyak makan sayuran, berat badan anda akan berkurang dan tubuh anda menjadi langsing.

2.      Biji-bijian dan Kacang-kacangan
Biji-bijian dan kacang-kacangan sangat baik karena mengandung banyak zat besi, karbohidrat, dan kalsium. Makanan ini mengandung banyak mineral yang baik untuk tulang sehingga meskipun tidak banyak mengkonsumsi protein hewani, seorang vegetarian mempunyai tulang yang kuat dan sehat.

3.      Madu, Susu, dan Telur
Susu, madu, dan telur, memiliki banyak protein dan kalsium. Bila anda pandai memvariasikan penggunaannya dalam menu sehari-hari, anda akan bisa menemukan manfaat lebihnya. Tetapi tidak semua vegetarian makan telur, karena telur berasal dari hewan.

Sebagai vegetarian, anda memang harus membatasi makan daging untuk menghindari lemak. Meskipun demikian lemak tetap dibutuhkan oleh tubuh, untuk mendapatkan lemak nabati, anda bisa mendapatkannya dari alpukat, susu, telur, dan kacang-kacangan.

No comments:

Post a Comment