Saturday 11 October 2014

Angkat Beban Sesudah Belajar, Cara Simpel Mempertajam Ingatan




Bila anda bekerja sebagai humas di kantor tempat anda bekerja, maka anda harus memiliki ingatan yang kuat untuk berhubungan dengan mitra perusahaan. Begitu pula jika anda seorang mahasiswa yang besok harus mengikuti ujian, maka anda harus memiliki ingatan kuat untuk menghafal semua materi perkuliahan dan lulus tes. Jika anda ingin memiliki ingatan yang kuat maka anda harus melatihnya, baik dengan teknik berpikir tertentu, maupun dengan teknik angkat beban seperti yang dibahas dalam artikel ini.
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Georgia institute of Technology, didapat temuan bahwa olahraga angkat beban berpengaruh positif terhadap perkembangan daya ingat manusia. Oleh sebab itu, sangat disarankan agar anda melakukan sedikit olahraga angkat beban beberapa saat setelah anda selesai belajar. Bila dilakukan secara berkala, hasilnya akan lebih optimal, yaitu meningkatnya kinerja otak anda dalam mengingat.
Penelitian ini dilakukan pada orang dewasa berusia dari 20 sampai 26 sebanyak 46 orang. Ke 46 orang ini diberi beberapa lembar foto lalu dites memorinya setelah sebagian dari mereka diminta melakukan sedikit olahraga angkat beban sedangkan yang lain tidak.
Akhirnya diketahui bahwa peserta yang melakukan angkat beban memiliki daya ingat yang lebih baik, hingga 10% ketimbang peserta yang tidak melakukan angkat beban. Ini sangat mengejutkan karena para peserta yang melakukan angkat beban hanya melakukan sesi ini sebanyak satu kali saja. Mungkin bisa dibayangkan hasilnya bila anda melakukannya beberapa sesi setelah anda belajar.
Para ahli berpendapat bahwa kemampuan seseorang dalam mengingat menjadi lebih baik berkat tekanan yang dialami saat beban diangkat. So tidak ada salahnya bila anda melakukan hal ini sebagai kebiasaan mengisi waktu luang, lagipula manfaatnya positif dan tidak merugikan kesehatan. 

No comments:

Post a Comment