Wednesday, 8 October 2014

Berapa banyak seharusnya anda minum dalam sehari?



Anda pasti sering dinasihati bahwa anda harus minum setidaknya 8 gelas air sehari tetapi yakinkah anda bahwa takaran itu sesuai dan menghindarkan anda dari dehidrasi. Anda harus tahu bahwa setiap orang memiliki toleransi yang berbeda terhadap jumlah air yang bisa diminum setiap hari. Nah sekarang kita akan mencari tahu, benarkah kita harus minum 8 gelas air setiap hari.

Sebetulnya banyak pihak masih memperdebatkan kebutuhan air minum seseorang dalam sehari. Hingga hari ini, beberapa penelitian selalu menghasilkan rekomendasi berlainan tentang takaran air minum yang harus diambil. Sebetulnya faktor yang menentukan tidak lain adalah kesehatan anda sendiri, di mana anda tinggal, dan keaktifan anda dalam kehidupan sehari-hari.

Kita contohkan saja, misalnya minum air delapan gelas sehari bila anda tinggal di kutub seperti sebuah kebodohan karena kemungkinan untuk dehidrasi dan kepanasan sangat kecil sekali. Berbeda dengan mereka yang tinggal di daerah gurun yang panas, kebutuhan untuk minum pasti akan sangat tinggi karena panas akan membuat cadangan air di dalam tubuh terbuang dengan begitu cepat melalui keringat. Satu lagi, bila anda bekerja sebagai seorang olahragawan maka kebutuhan tubuh terhadap air akan tinggi karena air di dalam tubuh akan cepat terhidrasi melalui keringat. 

Ladies, dalam setiap aktivitas anda, anda akan banyak kehilangan cairan tubuh yang dikeluarkan melalui keringat, saat bernafas, dan sebagainya. Daripada itu, anda memerlukan cadangan, agar organ tubuh bisa melakukan tugasnya dengan sempurna. Selain untuk memperbaiki sistem pencernaan, air juga diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kontinuitas sistem sekresi, dan lain-lain.

Nah bila anda merasa bahwa 8 gelas air sehari sudah pas dengan diri anda, maka silakan ikuti nasihat tersebut. Sedangkan bagi anda yang merasa tidak yakin dengan berapa banyak air yang harus diminum dalam sehari, maka sesuaikan saja dengan kebutuhan. Oke, semoga artikel ini bermanfaat, jika ada yang ingin disampaikan silakan tulis di komen :)

No comments:

Post a Comment