Wednesday 8 October 2014

Hindari Penyakit Dengan Cara Memasak Yang Benar




Ladiez, selama ini bagaimana cara anda dalam memasak makanan? Apakah anda sering menggunakan minyak goring secara berulang kali atau sekali pakai saja, atau apakah anda memasak makanan dalam waktu yang lama hingga kandungan nutrisi dalam makanan menjadi hilang? Memang berbeda-beda cara orang dalam memasak makanan, semuanya tergantung skill dan citarasa pribadi. 

Yang penting sebelum anda mulai memasak makanan, pastikan terlebih dulu bahwa bahan makanan yang akan anda olah sudah dibersihkan lebih dulu untuk memastikan bahwa bahan makanan itu bebas pengawet dan pestisida. Mengani resep, bahan tambahan, dan durasi memasak, itu bisa anda tentukan sendiri.

Nah bila anda menginginkan cara memasak sehat yang sesuai dengan anjuran ahli gizi, maka sebaiknya anda menghindari penambahan garam yang berlebihan, lemak, dan kalori. Semua makanan ini berdampak buruk untuk kesehatan, apalagi daging merah, santan, dan ayam potong memiliki kolesterol yang tinggi, dan bila dikonsumsi terlalu banyak bisa mengakibatkan gangguan kesehatan seperti darah tinggi dan stroke.

Menambahkan terlalu banyak garam ke dalam masakan juga tidak baik karena akumulasi kalsium dari garam bisa menumpuk di dalam ginjal dan membentuk bongkahan batu ginjal yang harus dikeluarkan.

Mengkonsumsi makanan dengan kemasan juga tidak baik bila terlalu sering. Meskipun kemasannya menarik dan menawarkan rasa yang lezat, makanan-makanan seperti ikan kalengan, nugget, sosis, dan kornet harus dihindari karena berdampak buruk bagi tubuh jika dimakan dalam jangka panjang.

Yang lebih baik, konsumsilah sayuran dengan jumlah memadai dan disarankan untuk tidak dimasak terlalu lama agar kandungan nutrisinya tidak berkurang. Cara memasak yang disarankan dan sangat baik adalah dengan cara dikusus, direbus, dan ditumis saja. Selain itu, saat menumis sebaiknya hanya menggunakan sedikit minyak sayur saja, kalau mau, gunakan minyak zaitun sebagai variasi. Untuk menghilangkan konsentrasi berlebih dari kalori, cara memasak yang dianjurkan adalah dengan dipanggang.

Oke, sekarang anda siap untuk memulai pola hidup baru dengan memasak masakan menggunakan cara yang baru pula. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment