Wednesday 8 October 2014

Relaksasi dan Teknik Pernapasan Yang Benar


Stres dan penat pikiran biasa muncul saat hari-hari kita diisi dengan berbagai kesibukan yang padat dan kelelahan saat beraktivitas. Untuk mengembalikan kesegaran tubuh, kamu harus tahu bagaimana melatih pernapasan untuk relaksasi agar stress dan lelah hilang. Agar peredaran darah lebih lancer, dan paru-paru kapasitasnya semakin dalam, maka lakukanlah latihan pernapasan dengan teknik yang benar.

Untuk mewujudkannya, latihlah teknik pernapasan untuk relaksasi, yaitu dengan cara berikit ini :

1.      Teknik pernapasan di area perut
Teknik pernapasan yang benar akan membuat pasokan oksigen masuk dengan lebih lancer ke paru-paru dan anda lebih baik lagi dalam bernafas. Dengan demikian, suplai oksigen ke otak dan bagian tubuh lainnya akan lebih baik. Ini dia cara melakukannya :

Duduklah dengan sikap tegap dan posisikan tangan di depan dada (kedua tangan). Ambillah nafas dengan pelan-pelan melalui hidung dan keluarkan lewat mulut. Tangan jangan digerakkan dan rasakanlah di perut anda, otot-ototnya berkonstraksi.

2.      Pernapasan harus didorong
Teknik pernapasan ini sebetulnya banyak dilakukan dalam latihan yoga. Mulailah dengan bernapas lewat hidung dengan irama cepat, lakukan dalam keadaan rilex sambil duduk. Lakukanlah dalam keadaan yang betul-betul rilex, jangan lupa mata ditutup. Saat sebuah siklus berhasil diselesaikan, bernafaslah kembali dengan normal. Lakukanlah dengan perbandingan 5 kali nafas cepat diselingi dengan stimulasi bernafas.

Teknik pernapasan ini akan sangat baik bila dilakukan di pagi hari, saat udara masih segar. Kalau mau, anda juga bisa melakukannya di sore hari sebelum matahari tenggelam atau di luar rumah saat pagi. Pada waktu-waktu ini, tingkat relaksasi sangat menunjang.

Oke, sekarang anda bisa mencoba melakukan kedua teknik di atas, baik di waktu senggang maupun saat akhir pecan. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment